Panduan Menulis dan Mengirim Tulisan

KiniJa.ID memiliki tiga rubrik: Ulas Arsip, Fragmen, dan Pameran Arsip.

Selain mengisi sendiri rubrik-rubrik tersebut dengan tulisan yang dibuat secara serius dan hati-hati, kami juga membuka kesempatan bagi masyarakat untuk menulis di situ, kecuali untuk rubrik “Pameran Arsip”.

Agar tulisan-tulisan yang Anda kirim sesuai dengan kebijakan kami, penting bagi Anda memahami pengertian dan ketentuan dari dua rubrik yang dibuka untuk umum. Berikut penjelasannya:

 

ULAS ARSIP

Ulas Arsip merupakan rubrik yang memuat tulisan-tulisan sejarah yang datanya bersumber dari arsip-arsip yang belum pernah dipublikasikan atau diulas. Dengan demikian, yang ingin disajikan pada rubrik ini adalah cerita-cerita sejarah yang belum diketahui banyak orang, atau bahkan belum pernah terungkap sama sekali.

Contoh: https://kinija.id/larangan-memakai-celana-jengki-di-aceh/

Arsip yang dimaksud meliputi dokumen yang dikeluarkan pemerintah, militer, partai politik, atau organisasi masyarakat.

Penulis wajib menyebutkan asal arsip yang diulasnya dalam tulisan, termasuk nomor arsip tersebut. Sumber disebut dalam “catatan tubuh” (bodynote)

Contoh:

(ANRI, “Surat Menyurat mengenai Masalah Suap yang Terjadi di Stasiun Kereta Api Kalimas”. Nomor arsip: ID 15032-3 BAPEKAN-BAPEKAN.76).

(Dispursip Aceh, “Publik Opini di Daerah Istimewa Aceh tentang Meninggalnya Ir. Soekarno”. Nomor arsip: AC06-403/72).

Untuk arsip yang diperoleh dari orang per orang dan tidak diregistrasi dengan nomor tertentu, cukup tuliskan judul dan asal/pemilik arsip tersebut.

Contoh:

(Laporan mengenai Penolakan Ganti Rugi oleh Pihak Tentara Jepang. Arsip ini penulis peroleh dari Bapak Ahmad Yani, warga Kota Sabang)

(Arsip mengenai kondisi kereta api di Sumatra ditemukan peneliti Marisa Hanifah di ANRI, lalu memperlihatkannya kepada penulis)

Penulis wajib melampirkan sekurang-kurangnya satu gambar arsip yang diulas dalam tulisan. Gambar tersebut dilampirkan secara terpisah dari file tulisan yang dikirim (bukan di dalam badan teks). Jika nantinya gambar arsip akan diterbitkan dalam tulisan, kami akan membubuhkan tanda air (water mark) yang menunjukkan nama penulis artikel atau pemilik arsip yang sebenarnya.

Anda dapat mengirimkan tulisan untuk rubrik Ulas Arsip ke residenkinija@gmail.com. Pada subjek email tulislah keterangan dengan format: [ULAS ARSIP] “Judul Tulisan”. Nama Penulis.

Contoh:

[ULAS ARSIP] “Sejarah Pelecehan Seksual terhadap Atlet Perempuan Indonesia”. Samsul Bahri.

 

FRAGMEN

Fragmen merupakan rubrik yang memuat tulisan-tulisan peristiwa sejarah yang belum diketahui banyak orang tetapi diangkat dari sumber-sumber yang sudah pernah diterbitkan, seperti buku, koran, majalah, buletin, pamflet, atau penelitian lama.

Contoh: https://kinija.id/perang-tiga-hari-tiga-malam-di-kota-lhokseumawe/

Jika Anda menemukan bagian dari sumber-sumber tersebut yang dirasa merupakan informasi langka, silakan tulis ulang dengan menarik dan mudah dipahami, lalu mengirimkannya ke residenkinija@gmail.com dengan subjek: [FRAGMEN] “Judul Tulisan”. Nama Penulis.

Contoh:

[FRAGMEN] “Alasan Orang-orang Sumatra Menjuluki Mohamad Hatta sebagai Raja Islam”. Nurjannah.

 

Ketentuan khusus:

  • Sertakan file foto KTP, foto diri, nomor HP, dan nomor rekening (dimuat di badan email, bukan di dalam file tulisan).
  • Di badan email, tulislah latar belakang Anda secara ringkas.

 

Pemuatan dan penolakan tulisan:

  • Setiap tulisan yang Anda kirimkan akan kami telaah terlebih dahulu selama satu minggu.
  • Apabila lewat waktu delapan hari belum diterbitkan, berarti tulisan Anda tak dimuat dan bebas dikirimkan ke media lain.
  • Jika penasaran mengapa tulisan Anda tak diterbitkan, silakan meminta penjelasan melalui email. Hanya permintaan penjelasan yang disampaikan secara baik-baik yang akan kami jawab.

 

Tim Redaksi