Tentang Kami

INI KINIJA.ID: Menyingkap Peristiwa dari Kertas-kertas Tua

KiniJa.ID merupakan sebuah media yang fokus utamanya adalah mengungkap pertistiwa-peristiwa masa lalu yang belum diketahui banyak orang masa kini.

Contohnya, cerita seorang ulama Aceh yang pernah berkunjung ke Israel atau kisah kakek buyut Dian Sastrowardoyo yang pernah “diseret” rakyat Aceh ke kuburan massal.

Penelaahan atas arsip-arsip yang belum pernah terungkap ke publik menjadi keniscayaan untuk menghasilkan tulisan-tulisan sejarah semacam itu. Oleh sebabnya, KiniJa.ID amat serius dalam menyelidiki arsip-arsip yang sekian lama telah hanya tersimpan di dalam lemari dokumen milik lembaga negara, pribadi, atau organisasi sipil.

“KiniJa” dipilih sebagai nama karena bersesuaian dengan tujuan media ini didirikan. Nama ini terdiri dari dua perkataan, yakni “Kini” dan “Ja”. Yang terakhir ini merupakan penggalan dari kata jameun (bahasa Aceh) yang berarti zaman atau lampau. Artinya, kini kisah-kisah jameun yang belum diketahui khalayak akan diterbitkan biar jadi pengetahuan semua orang.

Dijalankan oleh PT Kinija Cerah Media (SK Kemenkumham Nomor AHU-0040498.AH.01.01.Tahun 2021), KiniJa.ID ingin menghadirkan tulisan-tulisan sejarah yang menyegarkan pikiran.

Ada empat rubrik yang tersedia di KiniJa.ID: Ulas Arsip, Fragmen, Salindia, dan Sumir.

Rubrik “Sumir” adalah tempat untuk tulisan-tulisan ringkas (seperti Short untuk video-video pendek di YouTube) yang terbit setiap hari. Setiap tulisan berhubungan dengan tanggal hari penerbitannya. Misalnya, tulisan yang diterbitkan tanggal 20 April 2022 adalah kisah mengenai suatu peristiwa pada 20 April 1941.

Rubrik “Salindia” berisi tulisan-tulisan yang mengisahkan peristiwa dengan menampilkan foto-foto lama di dalamnya. Foto-foto tersebut ditempatkan sebagai bagian inti dari cerita, bukan semata sebagai pelengkap atau dekorasi narasi. Tulisan-foto di rubrik ini terbit sebulan sekali, yakni pada minggu pertama.

Rubrik “Fragmen” memuat cerita-cerita sejarah dari sumber yang sudah diterbitkan, seperti buku atau koran, tetapi setiap cerita itu belum diketahui orang banyak. Rubrik ini diisi dengan tulisan terbaru satu kali dalam seminggu.

Rubrik “Ulas Arsip” adalah tempat KiniJa.ID memuat laporan utamanya. Kisah-kisah sejarah dalam rubrik ini diangkat dari arsip-arsip yang belum diketahui oleh orang banyak atau publik. Setiap tulisan untuk rubrik ini dibuat dengan teliti, dengan melibatkan pembacaan arsip secara berulang-ulang. Oleh karenanya pengerjaannya yang tak mudah, tulisan untuk rubrik Ulas Arsip hanya diterbitkan sekali dalam seminggu.

Semoga pembaca senantiasa bersedia membaca artikel-artikel yang kami terbitkan.

Hormat kami,
Tim Redaksi KiniJa.ID