Ini KINIJA.ID

Menyingkap Peristiwa dari Kertas-Kertas Tua

KiniJa.ID tak seperti media pemberitaan pada umumnya. Kami tidak memberitakan peristiwa baru-baru ini. Di sini Anda tak akan menemukan berita pilkada, kebakaran yang baru saja terjadi, pencurian bebek tadi malam, atau aksi warga menggeledah mobil yang semalam terlihat bergoyang-goyang di tempat parkir lokasi wisata.

Dijalankan oleh PT Kinija Cerah Media (SK Kemenkumham Nomor: AHU-0040498.AH.01.01.Tahun 2021), KiniJa.ID menaruh fokus pada penelaahan arsip-arsip yang belum pernah dipublikasikan atau diselidiki, yang sekian tahun “terbengkalai” dalam lemari dokumen lembaga negara, organisasi sipil, maupun individu. Termasuk di antaranya adalah dokumen atau laporan yang diklasifikasikan sebagai “rahasia” atau “sangat rahasia”.

Dengan cara kerja demikian, KiniJa.ID hendak mengungkap cerita-cerita sejarah yang belum diketahui orang banyak atau bahkan belum pernah terungkap sama sekali. Kini (“Kini”) peristiwa-peristiwa lampau atau jameun (“Ja”) itu akan disajikan agar menjadi pengetahuan publik.

Tujuan KiniJa.ID menyiarkan tulisan-tulisan berbasis “data langka” seperti itu agar sejarah terasa menyegarkan; tak membosankan dengan pembahasan peristiwa (besar) yang itu-itu saja. Peristiwa-peristiwa sejarah “kecil” yang terabaikan perlu pula dihargai dengan menjadikannya diketahui banyak orang.

Jalan mewujudkan sebetulnya itu tak mudah. Arsip-arsip lama harus dicari dan dibeli. Penulis KiniJa.ID mau tak mau menanap huruf-huruf yang telah mengabur di permukaan kertas tua. Sampai akhirnya diulas sebaik dan serapi mungkin biar mudah dipahami pembaca.